BUKU TEKS
Teori dasar dan filsafat pendidikan Kajian model dikotomis sinergis
Bertolak dari judulnya, buku Teori Dasar dan Hisafat Pendidikan: Kajian Model Dikotomis Sinergis ini mengkaji empat hal utama. Pertama, jenis berpikir. Kajian terhadap jenis berpikir ini dimaksudkan untuk menyamakan persepi dengan pembaca tentang makna ilmu, teori, dan filsafat pendidikan, sebagai sasaran kajian utama buku ini.
Kedua, teori utama (grand theory) pendidikan dalam ilmu pendidikan serta teori, paradigma, dan aliran-aliran di luar pendidikan yang sejalan maupun berlawanan dengan teori-teori utama dalam ilmu pendidikan. Kajian lintas disiplin ilmu ini dilakukan karena ilmu pendidikan sesungguhnya adalah ilmu terapan. Sebagai ilmu terapan, ilmu pendidikan membangun eksistensinya dengan memanfaatkan teori dan pandangan dari berbagai disiplin ilmu murni, seperti psikologi, sosiologi, dan antropologi.
Ketiga, pandangan filsafat dan filsafat antropologi tentang manusia, serta implikasi maupun aplikasinya dalam pengelolaan pendidikan. Secara khusus, dikaji hakikat manusia sebagai makhluk individu, sosial, susila, dan religi, serta implikasi maupun aplikasinya dalam pengelolaan pendidikan.
Keempat, Pancasila dan pendidikan. Kajian ini menempatkan Pancasila sebagai fisafat pendidikan nasional dan dikaji keberadaannya dalam konteks hakikat manusia dalam pandangan filsafat antropologi, serta implikasi dan aplikasinya dalam pengelolaan pendidikan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain